TC Timnas : Produk Nasional atau Lokal sih??

Dalam beberapa bulan yang lalu khususnya dibulan Juli hingga Agustus ini kami menunggu gebrakan dari produk ESWE, yaitu Kartu Timnas  atau Kartu Gosok Berhadiah atau Trival Card Timnas; produk yang dikeluarkan oleh PT Samudera Wisesa dan PT. Scratch & Win Indonesia, sebagai pemegang kartu undian berhadiah.
Dalam hal ini mereka akan berencana berpromosi secara kontinue sesuai dengan kesepakatan mereka di beberapa media masa yaitu : Koran dan Radio; khususnya di wilayah Jawa Timur.

Dimana promosi itu dibutuhkan oleh mereka sebagai produsen, untuk mensosialisasikan, mengenalkan dan mengedukasi produk ESWE ini ditengah masyarakat luas khususnya di wilayah Jawa Timur. Promosi di media masa sangatlah penting untuk menumbuhkan kepercayaan yang ada dimasyarakat bahwa produk ini adalah bagus dan legal, dan juga bilamana produsen melakukan kampanye iklannya secara terus-menerus dan bombastis di beberapa media masa seperti koran, televisi maupun radio akan memberikan kesan bahwa perusahaan adalah berkategori bonafide, besar dan berskala nasional.

Namun kenyataannya hingga pada saat ini, apa yang telah menjadi kesepakatan bersama antara para distributor dan produsen, tidak terealisasi sama sekali bahkan cenderung stagnan, jalan buntu, dan tak ada solusi. Kesepakatan tersebut  mengikrarkan bahwa mereka (produsen) akan lebih banyak memberikan kontribusinya dalam media promosi di beberapa media masa sebagai media edukasi dan promosi bagi produk mereka.

Kami sebagai salah satu distributor juga bingung menghadapi ini? Cara bagaimana yang di inginkan oleh pihak produsen untuk lebih memasyarakatkan produknya dan diterima masyarakat luas? Ataukah mereka tidak mempunyai budget promo untuk produk ini? Ataukah mereka tidak sanggup untuk berpromosi?

Kami ingin membandingkan dengan beberapa produk yang baru juga diluncurkan :

  • TOP COFFEE, sebagai produk baru dalam minuman mereka sangatlah gencar untuk mensosialisasikan produknya pada beberapa media masa terkenal baik : TV, Koran dan Radio, kami anggap ini lah PRODUK NASIONAL sebab mereka memberikan informasinya ke seluruh masyarakat lewat media Nasional.
  • Ada satu lagi produk kesehatan, mereka mengiklankan dan berpromosi di tingkat wilayah Jawa Timur lewat media televisi lokal dan koran lokal, kami setuju bila ini produk bersasaran di wilayah lokal khususnya Jawa Timur
  • Ada satu lagi produk furniture, SKEV, yang baru dibuka dengan segmen market masyarakat kota Surabaya, mereka beriklan dan berpromosi lewat media koran secara kontinue dan terstruktur, kami setuju bahwa segmen market mereka adalah di Surabaya khususnya

Nah dari beberapa case ini, kami membandingkan dengan produk ESWE yang berlabelkan Produk Skala Nasional namun tidak berlaku seperti perusahaan Nasional, yang katanya produknya sudah tersebar di beberapa Propinsi.
Mempunyai bagian distribusi di Jawa Timur namun tidak melakukan promosi yang efektif di Wilayah Jawa Timur, menginginkan pasar yang luas di beberapa kota di Jawa Timur namun tidak ada tindakan promosi dan edukasi sebagai produk Lokal di daerah market tersebut.

Oleh karena itu kami ingin mengetahui seberapa besar keinginan dari produsen untuk fokus dalam membesarkan produk ini! dan keinginan produk ini dianggap sebagai Produk Nasional atau Lokal atau Setempat atau Wilayah Kedai saja ?
( mungkin pihak produsen cukup membekali para distributornya dengan poster dan brosur saja 😦 )

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s